Mbah Supani Mengaku Dibawa Ke Alam Lain Saat Menjalani Ritual Topo Pendem

Mbah Supani Mengaku Dibawa Ke Alam Lain Saat Menjalani Ritual Topo Pendem

Jumat, 20 September 2019, September 20, 2019


JUWANA –Mbah Supani warga Desa Bendar RT 03/RW 01, Kecamatan Juwana, Pati, melangsungkan ritual tapa pendem di kediamannya sudah genap lima hari melangsungkan ritual tersebut. Dan pada hari ini (20/9) jam 16.30 WIB, makam di mana Mbah Pani menjalani pertapaannya dibongkar.

Diketahui, tapa pendem yang dilakukan oleh Mbah Supani bukan kali pertama dilangsungkan. Namun sudah kesepuluh kalinya dan  ritual ini yang terakhir dilakukannya. Sebelumnya, Mbah Supani (63) warga Desa Bendar RT 03/RW 01, Kecamatan Juwana, Pati, di kubur dalam ritual tapa pendem (Ngeluwang) pada Senin (16/9) lalu. Prosesi tapa pendem ini pun tidak ubahnya menguburkan mayat dalam budaya muslim, yakni tubuh Mbah Supani dibalun kain kafan untuk selanjutnya dimasukkan kedalam liang lahat.

Selepas dibongkar, kain kafan yang melekat pada tubuh pria berusia 63 tahun itu pun perlahan dilepas untuk kemudian diguyur dengan air kembang setaman oleh pihak keluarga. Setelah bebersih, Mbah Supani pun menjalankan salat Magrib.



Kemudian, Mbah Supani menemui sanak saudara dan para warga yang dilanjutkan dengan meminum air juga memakan buah-buahan. Saat itulah, untuk kali pertama Mbah Supani berbincang singkat dengan reporter media ini.

“Karena masih bulan Muharram, saya tidak memakan yang mengandung garam. Ya ini buah-buahan,” tuturnya dengan sesekali memegang kepala seakan menahan pusing, Jumat (20/9) malam.

Selama dalam pertapaan itu, Mbah Supani mengaku sudah tidak merasakan apa-apa bahkan pergelangan kakinya pun sudah tidak dapat digerakkan. Dalam penuturannya dia dibawa ke alam lain.

“Saya diajak oleh teman seperguruan saya ke alam lain. Ini kaki saya setelah pertapaan merasa sakit. Padahal di sana saya tidak merasakan apa-apa dan malah merasa nyaman seolah enggan untuk kembali pulang,” terangnya.

Sementara itu, pihak medis Puskesmas Juwana, Hardi Widiyono menyatakan kondisi Mbah Supani dinyatakan sehat. Padahal selama melangsungkan pertapaan, tubuh pria tua tersebut tidak makan maupun minum.“Kondisinya bagus. Pernapasan dan tensinya juga bagus. Alhamdulillah semuanya bagus,” katanya. [Fadil]

TerPopuler