4 Jenis Batik Dikembangkan Siswa SMK Negeri 3 Pati

4 Jenis Batik Dikembangkan Siswa SMK Negeri 3 Pati

Rabu, 02 Oktober 2019, Oktober 02, 2019


KOTA – Melestarikan kebudayaan asli Nusantara, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Pati membekali siswa didiknya dengan keterampilan membatik. Demo membatik yang diikuti puluhan pelajar itu, bertepatan hari batik yang jatuh pada 2 Oktober.

Diketahui, Sekolah tersebut saat ini telah mengembangkan empat jenis batik. Yakni batik tulis canting, batik remek, batik ciprat dan batik simbori. Ihwal tersebut diutarakan Ketua Jurusan Tata Busana SMK N 3 Pati, Winarti.

“Kami memang ingin menjadikan batik sebagai salah satu produk unggulan dari sekolah kami. Baik remek dan ciprat itu bahkan diharapkan bisa menjadi ciri batik SMK 3,” bebernya, Rabu (2/10).

Meski dibuat oleh para pelajat, tetapi untuk pengembangannya cukup baik. Untuk seragam dari kelas X yang berjumlah sekitar 350-an saja misalnya, kini telah ditangani sendiri oleh siswa. Mulai dari proses pembuatan kain batiknya, sekaligus dalam proses pembuatan kemejanya. “Jadi seluruh tahapan hingga menjadi pakaian jadi semua yang nangani siswa,” jelasnya.

Proses pemasaran pun terus dikembangkan. Kini juga banyak pesanan dari sejumlah instansi maupun rekan guru dari sekolah lain. Dengan dipamerkan di pinggir jalan itu, diharapkan bisa menjadi media promosi jika produk siswa SMK bisa dijual bebas di masyarakat. Apalagi, UNESCO telah menetapkan batik sebagai warisan budaya dunia.

“Hal ini tentu selaras dengan konsep pembelajaran yang sesuai dengan teaching factory. Setidaknya kami berharap setelah lulus anak-anak nantinya bisa berwirausaha menjadi pengrajin batik,” katanya. [Fadil]

TerPopuler