Gelar Razia Sehari-Semalam Polisi Sita 500 Miras

Gelar Razia Sehari-Semalam Polisi Sita 500 Miras

Minggu, 19 Mei 2019, Mei 19, 2019
MIRAS : Kasat Sabhara Polres Pati AKP Sugino menunjukkan ratusan botol miras berbagai merek dan ukuran.


KOTA – Sabhara Polres Pati berhasil mengamankan ratusan botol minuman keras (Miras) berbagai merek dan ukuran di enam titik yang berbeda di Kabupaten Pati, dalam operasi yang digelar mulai pagi hingga hampir tengah malam, Sabtu (18/5).

Rinciannya, operasi yang digelar mulai jam 09.00 – 18.00 WIB di wilayah Pati bagian utara,  sebanyak 420 botol miras berbagai merek baik pabrikan maupun oplosan berhasil digaruk, tidak hanya itu aparat juga berhasil mengamankan dua galon besar dan 20-an botol besar arak murni dari empat lokasi yang berbeda.

Selanjutnya, pada pukul 21.00 – 23.00 WIB polisi kembali menyisir wilayah hukumnya dan berhasil mendapatkan masing-masing 10 botol miras dengan botol aqua besar oplosan kopi pleng di wilayah Pati Kota dari dua lokasi.

“Kami melangsungkan operasi dari jam 21.00 hingga 23.00 WIB. Untuk yang botolan total 500 itu yang ukuran literan, itu dari berbagai merek ya, ini tadi kita juga mendapatkan satu lagi merek baru yang berasal dari korea namanya soju dan minuman ini yang cukup mahal harganya,” ungkap Kasat Sabhara Polres Pati AKP Sugino.

Dihadapan awak media dan Patiheadline.com yang turut dalam operasi malam itu, Sugino mengatakan, khusus yang berada di wilayah Pati Kota. Pihaknya fokus untuk memberantas miras racikan yang umum disebut kopi pleng.

“Khusus malam ini kami memang targetnya yang oplosan dan di TO yang kami jadikan sasaran ada barang bukti itu semua. Pertama di warungnya saudara S selanjutnya di warungnya saudara H,” bebernya.

GELEDAH : Sabhara Polres Pati ketika menggeledah rumah H dan S di wilayah Pati Kota.

Sugino menjelaskan, kopi pleng ini adalah campuran dari arak murni ditambah dengan rebusan temu lawak dan rempah tanpa takaran pasti. Sehingga, jika dikonsumsi sangat membahayakan peminumnya.

“Ini sudah kami razia berkali-kali masih saja jualan. Kita mengimbau masyarakat untuk tidak mengkonsumsi minuman keras ini, apa pun jenisnya, apalagi yang oplosan karena ini sangat membahayakan kesehatan,” imbaunya.

Tidak puas hanya merazia miras yang berada di warung H mapun S saja. Personelnya juga menggeledah rumah dua pelaku tersebut dan mendapatkan beberapa buah botol miras dan baceman rempah bahan kopi pleng.

KOMANDO : Kasat Shabara Polres Pati AKP Sugino saat merazia warung S di Pati Kota.


“Yang di rumahnya saudara H dan S itu diracik sendiri, itu sama-sama kita lihat memang mereka meracik sendiri dengan ilmu kira-kira. Dengan satu botol arak murni itu dicampur rempah sebagai aroma, setelah dioplos dijual botolan maupun pergelas,” paparnya.

Ditambahkan, pihaknya bakal terus menggalakkan operasi serupa, sesuai perintah dari Polda Jateng. Juga sebagai rangka cipta kondisi menjelang Hari Raya Idul Fitri, kaitanya operasi candi ketupat 2019. (*)

TerPopuler