Jamin Keselamatan Pemudik, Sopir Bus Dites Narkoba

Jamin Keselamatan Pemudik, Sopir Bus Dites Narkoba

Selasa, 28 Mei 2019, Mei 28, 2019


TENSI : Petugas memeriksa tekanan darah pengemudi armada Bus di Terminal Kembang Joyo Pati.
KOTA – Operasi gabungan rump check di gelar di Termial Kembang Joyo Pati, Rabu (28/5) sore. Selain memeriksa kelayakan moda jalan di lokasi, petugas turut melangsungkan tes narkoba kepada pengemudi bus. Hal ini dilangsungkan untuk menjamin keselamatan pemudik.

Operasi gabungan ini dihelat oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Pati, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pati, Jasaraharja, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati, serta Badan Narkotika Kabupaten (BNK).

Kepala Dishub Pati, Sudarlan melalui Kepala Bidang Pengendalian dan Operasi, Heri Purnomo saat ditemui di lokasi mengatakan, "Kami bertanggungjawab atas kelancaran dari aspek kesiapan armada, beserta dengan pengemudinya. Kami juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan BNK untuk melakukan tes urin untuk memastikan pengemudi dalam keadaan sehat."

Tidak ada yang luput dalam operasi ini, semua aspek diperiksa mulai dari kelengkapan dokumen perjalanan, persyaratan teknis, kondisi kesehatan pengemudi dan tes urin narkoba. Ini perlu dilakukan untuk menjaga keselamatan para penumpang, khususnya pada arus mudik tahun ini.

Seumpama ada pengemudi yang positif narkoba atau tidak dalam kondisi prima (sakit), instansi tersebut bakal bertindak tegas, dengan tidak diperkenannya sopir itu mengendarai armadanya.

“Bus yang sudah diberi label berarti itu sudah lolos pemeriksaan, jadi calon penumpang juga harus jeli. Selain itu, kami juga bakal terus melangsungkan pengawalan ekstra,” ungkanya.

Senada, Kasatlantas Polres Pati, Cristian Chrisye Lolowang menyebutkan, jika rump check ini terkait kesiapan kendaraan, baik pengemudi maupun pendampingnya serta kesiapan angkutan dalam rangka operasi candi 2019.

"Hasilnya, semua kendaraan siap dan layak. Baik kelengkapan surat-surat kendaraan tidak ada temuan yang kami dapati,” terangnya.

Imbuh Cristian, “Semuanya lengkap. Jadi kami tunggu dari BNK, terkait sopir atau kondekturnya yang telah melakukan tes narkoba. Jika ada yang positif, maka akan dintindak lanjuti oleh BNK maupun kasat narkoba."

Ditambahkan, dalam operasi gabungan kali ini, telah dilakukan pengecekan administrasi kendaraan, lampu kendaraan, ban dan klakson. Sehingga kendaraan tersebut aman untuk di naiki pemudik. (*)

TerPopuler