Kursi Sekdes Kosong, Warga Sidomulyo Minta Transparansi

Kursi Sekdes Kosong, Warga Sidomulyo Minta Transparansi

Jumat, 03 Mei 2019, Mei 03, 2019
SUARA : Komunitas Peduli Desa Sidomulyo menghendaki pengisian Sekdes transparan.


Pati – Adanya kekosongan kursi sekretaris desa (Sekdes) Sidomulyo, Kecamatan Jakenan, Pati, sejak Februari lalu. Menjadi sorotan elemen masyarakat yang tergabung dalam Komunitas Peduli Desa Sidomulyo agar proses pengisian sekdes dapat dilangsungkan transparan dan terbuka.

Dengan memasang banner bertuliskan “Komunitas Peduli Desa Sidomulyo Menghendaki Pengisian Sekretaris Desa Sidomulyo Dilaksanakan Transparan dan Terbuka untuk Umum dengan Mengutamakan Kualitas, mereka menyuarakan perhatiannya agar jangan sampai ada “permainan” pihak-pihak yang berkepentingan.

“Ini bentuk kepedulian kami. Dengan dibuka secara umum kami berharap nantinya dapat mencari pemimpin dalam hal ini sekdes yang berkualitas serta bermoral yang baik,” jelas seorang tokoh masyarakat, Taswi.

Pihaknya berharap, jika nanti proses pengisian sekdes dilakukan pemerintah desa setempat, agar dapat dilakukan secara transparan dan melibatkan segenap lapisan masyarakat setempat. Sehingga sekdes terpilih nantinya dapat mengerjakan tugas-tugas sesuai fungsi dan amanah yang diemban.

Selain Taswi, harapan dalam transparansi pengangkatan Sekdes itupun turut diungkapkan oleh Bambang Umbar seorang warga lainnya. Dia juga berharap penting adanya keterbukaan dalam proses pengangkatan sekdes tersebut.

“Harapannya tahapan pengangkatan sekdes bisa dilakukan sesuai dengan aturan dan menurut hukum yang berlaku,” harapnya.

Lanjutnya, “Kami berharap tidak ada permainan. Karena kami menginginkan tokoh masyarakat yang pintar, ulet dan tentunya berdedikasi yang tinggi.”

Ditambahkan, menurut informasi yang dihimpun, sekdes sebelumnya telah berakhir masa jabatannya pada Februari 2019 silam. Sehingga, jika nantinya dibuka proses pengangkatan diharapkan penting dengan adanya transparansi tersebut. (*)


TerPopuler