SIDAK PASAR : Daging Dipastikan Layak Konsumsi

SIDAK PASAR : Daging Dipastikan Layak Konsumsi

Kamis, 30 Mei 2019, Mei 30, 2019
MONITORING : Kepala Dispertarnak Pati, Muchtar Effendi saat sidak di pasar.


KOTA – Mendekati hari raya Idul Fitri yang tinggal menghitung hari, Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertarnak) Pati sambangi sejumlah pasar rakyat untuk melangsungkan monitoring ketersedian daging dan kelayakannya.

Ada dua lokasi yang dimonitoring saat awak media turut dalam inspeksi mendadak (Sidak) ini, yakni Pasar Puri dan Rogowangsan. Kegiatan ini dilangsungkan untuk memastikan jika daging yang beredar di pasaran layak dikonsumsi oleh masyarakat.

Tindakan preventif ini sendiri dilakukan sesuai standar kelayakan konsumsi yaitu aman, sehat, utuh dan halal.

“Sidak ini guna memastikan daging yang ada di pasar layak dikonsusmi masyarakat Pati khususnya saat lebaran nanti,” terang Kepala Dispertanak Pati, Muchtar Effendi.

Kali pertama, petugas melangsungkan pemeriksaan daging di Pasar Puri Pati, di sini para petugas memeriksa satu persatu daging yang dijajakan oleh para penjualnya. Dan tidak ditemukan adanya daging tak layak.

Pengecekannya pun secara menyeluruh mulai dari fisik daging yang di jual, hingga baunya. Hal ini dilakukan untuk memastikan daging yang beredar di Bumi Mina Tani benar-benar segar.

“Semua daging kita periksa, semuanya tanpa terkecuali baik ayam maupun sapi. Rata-rata sudah sesuai dengan standar kelayakan konsumsi,” katanya.

Instansi tersebut selanjutnya ke Pasar Rogowangsan, dalam pengecekan daging di pasar ini tim juga tidak menemukan daging yang cacat maupun rusak. Tim melihat, jika daging yang dijual oleh pedagang di pasaran tidak yang da melanggar aturan.

Pungkas Muchtar, “Sudah sesuai dengan standar kelayakan konsumsi tidak ada yang melanggar aturan, semuanya baik dan aman dikonsumsi.”

Sementara itu, pedagang daging sapi, Yanti mengatakan, adanya sidak dari dinas tersebut malah membuat para pedagang yakin bahwa produknya layak konsumsi. Begitu pula, konsumen pun dapat dengan tenang membeli daging yang benar-benar baik.

“Malah bagus, kalau begini kan para pembeli yakin kalau daging yang saya jual masih baru dan tidak ada penyakitnya,” paparnya. (*)

TerPopuler