SMPN 5 Pati Terapkan PPDB

SMPN 5 Pati Terapkan PPDB

Kamis, 23 Mei 2019, Mei 23, 2019
TERBUKA : Panitia PPDB SMPN 5 Pati saat memberikan penjelasan kepada orangtua  saat melakukan pendaftaran. 


KOTA - Dalam pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) di sekolah menengah pertama negeri (SMPN) 5 Pati telah mengikuti mekanisme dan prosedur yang telah di tetapkan oleh dinas terkait. Pada pelaksanaanya, SMP tersebut telah melaksanakan secara online.

Terkait penerimaan, pihaknya menerapkan tiga jalur sesuai prosesur, yakni zonasi, prestasi dan juga pindahan. Mengenai kuota, sistem zonasi adalah 90 persen dari daya tampung. Sedangakn untuk jalur prestasi dan pindahan masing-masing sebanyak lima persen.

Terkait daya tampung, SMPN 5 Pati menerima tujuh rombongan belajar (Rombel) yaitu sejumlah 224 siswa. Mengenai opsi, pendaftaran ada keterkaitan dengan sekolah lain. Yaitu mendaftar pada sekolah lain dan sebagai opsinya adalah SMP 5 Pati.

"Dari proses itu, yang seharusnya kita kemarin ada sekitar 188 pendaftar   kemudian mendapat limpahan dari sekolah lain, sehingga jumlahnya akan melebihi kuota yang kami butuhkan," jelas Humas SMPN 5 Pati, Wahyudi (22/5).

Mengenai perbedaan sistem zonasi dengan tahun lalu, yaitu pada tahun lalu adalah jalur preatasi dan pindahan, serta kemaslahatan. Dan sekarang tidak ada kemaslahatan.

"Pada jalur penerimaan, sebagai bahan seleksi yang pertama yaitu kecepatan pendafataran, kemudian lokasi, terkait zonasi. Jika dahulu itu setiap ada pendaftaran pasti bisa. Kalau sekarang tidak bisa, misalkan kuota dari zonasi 202, dan itu sudah terpenuhi, maka tidak akan bisa jika ada yang mendaftar lagi meskipun itu berada dalam zonasi," jelasnya.

Mengenai jalur pendaftaran pihaknya melaksanakan tiga hari pendaftaran yaitu tanggal 20 hingga 22 Mei. Karena menggunakan jalur online, makan bisa dilakukan mulai per jam 00.01 dinihari, dan untuk verifikasinya yaitu ditanggal yang sama.

Untuk pengumuman, pihaknya akan melaksanakan pada tanggal 25, dengan ketentuan tiga hal yaitu melalui pengumuman yang di tempel, melalui website sekolah dan juga  lewat website patisiapppdb.com. sedangkan untuk daftar ulang, yaitu pada tanggal 27 hingga 29 bulan ini. (*)

TerPopuler