Lomba Perahu Naga Jadi Daya Tarik Juwana

Lomba Perahu Naga Jadi Daya Tarik Juwana

Senin, 10 Juni 2019, Juni 10, 2019
BERPACU : Lomba perahu naga di alur Sungai Silugonggo Juwana.


JUWANA – Jika biasanya sepanjang alur Sungai Silugonggo riuh akan aktifitas nelayan dan berjajarnya kapal penangkap ikan yang hendak mengarungi lautan. Namun, Minggu (9/6) ada yang berbeda, lantaran sungai yang menjadi nadi masyarakat di sekitaran Kecamatan Juwana ini ramai sorak-sorai warga.

Bukan tanpa alasan warga berbondong-bondong di tepian sungai turut Desa Kedung Panjing, Kecamatan Juwana, Pati, berhasrat untuk menyaksikan sengitnya para atlet berpacu dalam perlombaan perahu naga di sana.

Tercatat ada sebanyak 12 tim atlet dayung berpacu untuk menjadi yang terbaik dalam ajang tahunan ini. Meski ada beberapa kendala, seperti hembusan angin yang tidak bersahabat, suara para penonton menjadi genderang semengat para atlet untuk menjadi jawara lomba tersebut.

“Kali ini ada Ada 12 tim yang ikut, sembilan di antaranya dari desa tetangga yakni Desa Pencikan, Mintomulyo (Mbagu), Ngantru, Tluwah, Karangmangu dan Karangboyo,” terang Kepala Desa Kedung Pancing, Didik Narwadi.

Kegiatan rutin tahunan ini memang dihelat di sepanjang alur Sungai Silugonggo. Setiap tim yang berlaga wajib terdiri atas 10 pendayung, seorang penabuh drum dan juru mudi yang mengendalikan perahu naga.

“Kegiatan ini rutin setiap tahun sekali kami adakan di acara sedekah laut. Tujuannya untuk memasyaratkan olahraga dayung dan mencari bibit atlet yang ada di Pati khususnya,” jelasnya.

Meski berlangsung meriah, acara ini bukannya tanpa kendala. Contohnya saja ada beberapa atlet yang telat datang ke lokasi, bahkan tidak hadir saat pemanggilan yang berimbas disfikualisasi.

Kendala lainnya sebut Didik “Ada juga yang perahunya mendadak membelok karena melawan arah angin yang kencang, sehingga juru mudi tidak bisa mengendalikan.”

Animo masyarakat semakin membuncah tatkala di sela-sela waktu istirahat, para pengunjung juga bisa turut merasakan asyiknya berada di atas perahu naga. Ini menjadi salah satu daya tarik rangkaian acara sedekah laut di Juwana.

Mata para warga yang sebelumnya terpana dengan keindahan perahu naga dan pemandangan alam itu pun teralihkan, ketika pihak penyelenggara mengumumkan para jawara lomba perahu naga ini.

“Juara pertama dari tim Desa Mintomulyo (Mbagu), kedua Desa Ngantru I (Pule) dan terakhir KDCP I (Joyo Kemi),” sebutnya. (*)

TerPopuler