Penumpang Tujuan Jakarta Mengalami Kenaikan 35 Persen

Penumpang Tujuan Jakarta Mengalami Kenaikan 35 Persen

Rabu, 12 Juni 2019, Juni 12, 2019
ARUS BALIK : Para penumpak saat hendak menaiki armada darat diTerminal Kembang Joyo Pati.


KOTA – Ibu Kota masih menjadi magnet bagi warga Bumi Mina Tani untuk mengundi nasib. Terbukti sepekan ini saja tujuan Jakarta dan Bogor, kenaikan penumpang pada arus balik sudah mencapai 35 persen.

Memang aktifitas arus balik di Terminal Kembang Joyo Pati mengalami kenaikan yang cukup signifikan pada arus balik kali ini, jika dibandingkan arus mudik pekan lalu. Ihwal tersebut dikatakan Kepala Terminal Kembang Joyo Pati, Suparjo, Rabu (12/6).

Melalui sambungan telepon seluler dia memaparkan, “Hitungan 35 persen itu mulai Sabtu (7/6) hingga hari ini (12/6). Namun yang paling banyak memang terjadi pada Minggu (9/6) lalu."

Sementara untuk penumpang reguler cenderung stagnan, tidak mengalami peningkatan atau pun penurunan. Bahkan, kondisi terminal pada saat pagi maupun siang hari nampak lengang. Pasalnya, para perantau memilih waktu sore maupun malam hari untuk menuju kota impiannya.

Suparjo menyebut, “Para penumpang lebih memilih melakukan perjalanan di malam hari dari pada siang hari. Mungkin karena alasan lebih nyaman dan lebih cepat, sehingga lonjakan penumpang juga akan terjadi pada sore dan malam.”

MELINTAS : Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) melaju kencang.

 
Terpisah, Kasatlantas Polres Pati, AKP Christian C Lolowang mengatakan, jalur arus balik mengamini jika pada arus balik ini volume kendaraan yang melintasi Jalur Pantura masuk wilayah Pati mengalami peningkatan, dibandingkan arus mudik.

Dari hasil pantuan arus lalu lintas oleh petugas Satlantas Polres Pati, mendapati lonjakan cukup signifikan, khususnya pengendara yang datang dari arah timur menuju ke barat. Diperkirakan, lonjakan pengendara pada saat arus balik ini karena banyak pengendara  yang memilih untuk melalui jalur pantura ketimbang melalui jalur tengah trans jawa via tol.

Terangnya, "Saat arus mudik lalu di jalur pantura turut wilayah Pati-Rembang menuju Jawa Timur sangat lenggang sekali. Berbeda dengan arus balik kali ini terjadi lonjakan jumlah kendaraan yang melintas terutama dari arah timur menuju ke barat."

Ditambahkan, lonjakan kendaraan sudah mulai terjadi pada H+3 dan H+4 hingga hari ini juga masih terpantau bayak kendaraan plat luar kota, terutama leter B dari arah Jawa Timur menuju Jakarta. (*)

TerPopuler