Api Amuk SDN 02 Tambakromo

Api Amuk SDN 02 Tambakromo

Selasa, 30 Juli 2019, Juli 30, 2019
PERIKSA : Petugas dari Mapolsek Tambakromo saat melangsungkan olah TKP.


TAMBAKROMO – SDN 02 Tambakromo yang berlokasi di Desa Tambaharjo RT 04/RW 03, Kecamatan Tambakromo, Pati, terbakar pagi tadi (31/7). Diperkirakan kerugian akibat musibah ini mencapai Rp 100 juta.

“Yang terbakar itu bukan bangunan SD keseluruhan, hanya Kantor SDN 02 saja. Kerugian ditaksir sebesar Rp 100.000.000. Sedangkan penyebab kebakaran diduga akibat korsleting listrik,” jelas Kapolres Pati AKBP Jon Wesly Arianto melalui Kapolsek Tambakromo, AKP Haryono.

Wajar saja kerugian mencapai total ratusan juta rupiah, mengingat api tidak hanya melumat ruang kantor guru berukuran 9 x 7 meter. Namun juga satu unit televisi, tiga kipas angin, tiga rak buku, satu set mebelair, buku-buku paket sekolah, data dinding, arsip-arsip penting semisal laporan sekolah, bahkan sejumlah ijazah tahun 2019.

Imbuhnya, “Api menghanguskan bangunan yang terbuat dari tembok, beralas keramik dan plafon ternit serta kerangka kayu kalimantan.”

Kali pertama kebakaran diketahui oleh penjaga sekolah, Purwanto (35). Seperti biasa pada ham 05.30 WIB, dia datang ke sekolah untuk membuka pintu dan membersihkan ruang yang ada di SDN 02 Tambakromo.

“Pada saat saudara Purwanto sedang memasang unbul-umbul di halaman depan ruang guru, tiba-tiba dia mendengar suara ledakan dari arah kantor,” ungkapnya.

Tidak berselang lama, terlihat kepulan asap dari dalam ruangan kantor sekolah dasar itu. Mendapati ada yang tidak beres, Purwanto pun bergegas meminta bantuan warga sekitar untuk memadamkan api dan menyelamatkan berkas-berkas yang masih bisa dibawa.

“Api dapat dipadamkan atas bantuan warga sekitar dengan menggunakan peralatan seadanya. Tidak ada korban jiwa, hanya kerugian material saja sejumlah tersebut,” tandasnya. [Fadil]

TerPopuler