Api Sambar Habis Gudang Kayu dan Kandang Ayam

Api Sambar Habis Gudang Kayu dan Kandang Ayam

Rabu, 17 Juli 2019, Juli 17, 2019


PUING : Gudang kayu dan kandang ayam milik Mbah Paidjah rata dengan tanah.
KOTA – Behati-hatilah ketika membakar sampah di sekitar permukiman, jangan sampai kejadian kebakaran gudang kayu dan kandang ayam di Desa Dengkek RT 09/RW 02, Kecamatan Pati Kota, juga terjadi di sekitar anda.

Diketahui, gudang kayu dan kandang ayam yang memiliki luas keseluruhan 6 x 7 meter persegi ini dilumat si jago merah, lantaran disambar api pembakaran sampah di sekitar tempat kejadian perkara (TKP), Kamis (18/7) pagi.

“Api berasal dari sampah daun bambu kering yang berada di belakang atau selatan bangunan yang terbakar. Sampah itu saat dibakar, ditinggal kemudian menjalar ke gudang kayu dan kadang ayam,” jelas Kapolres Pati, AKBP Jon Wesly Arianto melalui Kapolsek Pati Kota, Iptu Sahlan.

Peristiwa yang mengakibatkan Mbah Paidjah (76) mengalami kerugian total 3 juta rupiah ini terjadi pada jam 07.30 WIB. “Korban jiwa nihil, hanya kerugian materi saja,” imbuhnya.

Sebelumnya, kakek tersebut bersih-bersih dan selanjutnya membakar sampah daun bambu kering yang banyak berserakan di belakang kandang kayu pada jam 07.15 WIB. Dirasa aman, pria uzur ini pun masuk ke dalam rumahnya.

Pada jam 07.30 WIB, Sunardi (45) yang merupakan tetangga korban melintas di sekitar lokasi. Terang Iptu Sahlan, “Sunardi saat itu sedang belanja di rumah Muh Luluk (38) dan melihat kepulan asap dari arah TKP. Mereka kemudian berinisiatif melihat secara langsung apa yang terjadi di sana.”

“Sesampainya mereka di sana, ternyata kepulan asap berasal dari gudang kayu dan kandang ayam kepunyaan kakek Paidjah,” ungkapnya.

Kebakaran di pagi buta itu tidak sampai merembet ke permukiman warga dan dapat dijinakkan selang 15 menit kemudian. Unsur masyarakat, personel Polsek Pati Kota dan Koramil Pati Kota bahu membahu memadamkan api sehingga cepat ditangani dan tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar.

“Mendapatkan informasi adanya kebakaran, kami langsung bergegas menuju lokasi kejadian. Dan turut membantu memadamkan api bersama warga sekitar,” bebernya. [Fadil]

TerPopuler