Asrama Ponpes At Tasmir Jaken Habis Terbakar

Asrama Ponpes At Tasmir Jaken Habis Terbakar

Sabtu, 13 Juli 2019, Juli 13, 2019
BANTU : Santri dibantu anggota Polsek Jaken dan warga bersama memadamkan api.


JAKEN – Asrama santri putra pondok pesantren (Ponpes) At Tasmir diamuk si jago merah, Sabtu (13/7) siang. Alhasil, bangunan yang terbuat dari kayu jati tersebut rata dengan tanah dan hanya menyisakan puing-puing yang telah menjadi arang.

Diketahui, kebakaran ini terjadi di Ponpes At Tasmir turut Dukuh Guyangan, Desa Sidoluhur, Kecamatan Jaken, Pati. Peristiwa nahas tersebut terjadi lantaran api dari kayu tungku memasak yang menjalar ke daun jati kering di lokasi dan selanjutnya merembet ke asrama santri.

“Pesantren yang terbakar itu milik Imam Suroso (45). Kerugian materinya sendiri ditaksir mencapai Rp 15 juta,” beber Kapolres Pati, AKBP Jon Wesly Arianto melalui Kapolsek Jaken, Iptu Sunaryo.

Wajar saja jika kerugian mencapai belasan juta rupiah. Mengingat, selain membakar habis asrama ukuran 5 x 3 meter yang terbuat dari kayu jati dan seisinya. Juga surat-surat penting berupa akte kelahiran dan ijazah milik Faisal Maali yang mondok di pesantren itu.

BARA : Asrama putra ponpes yang diamuk si jago merah.

Kapolsek membeberkan, sebelum terjadi kebakaran para santri memasak di sekitar tempat kejadian perkara (TKP), dengan menggunakan kayu bakar. Dan pada saat itulah, diperkirakan api tanpa sengaja menyambar daun-daun jati kering yang memang banyak berjatuhan di sekitar lokasi.

“Kejadiannya pada jam 11.30 WIB. Api diperkirakan menyambar daun jati kering di sekitar TKP dan kemudian api itu merembet dan membakar asrama putra ponpes At Tasmir,” jelasnya.

Ditambahkan, amukan api dapat diredam setelah mendapatkan penanganan dari santri, pengurus ponpes, personel Mapolsek Jaken dan warga sekitar dengan peralatan seadanya. Selain itu, tidak ada korban jiwa dalam musibah ini hanyan kerugian materi saja. [Fadil]

TerPopuler