Hut Ke-696 Pati Bakal Tunjukkan Potensi Pati Secara Maksimal

Hut Ke-696 Pati Bakal Tunjukkan Potensi Pati Secara Maksimal

Rabu, 17 Juli 2019, Juli 17, 2019
KHUSUK : Rapat finslisasi Hut Kabupaten Pati di Ruang Pragola Setda Pati.

KOTA – Bupati Pati Haryanto membeberkan hari jadi Bumi Mina Tani akan lebih “wah” dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, pihak Pemkab bakal mendatangkan kereta dari Keraton Surakarta untuk menyemarakkan Hut yang ke-696.

Kereta Keraton Surakarta akan mewarnai dalam kirab budaya yang menyajikan beragam potensi di wilayah seluas 150.368 km² itu. Ihwal tersebut terungkap dalam rapat finalisasi Hut Kabupaten Pati di Ruang Pragola Setda Pati, Rabu (17/7) bersama instansi terkait.

“Kali ini tidak sekedar memperingati, tetapi sekaligus menghibur masyarakat dengan tujuan bahwa hari jadi benar-benar berdirinya Kabupaten Pati dan diketahui masyarakat umum. Jadi tidak sekedar seremonial belaka,” katanya.

Lanjut Haryanto, “Untuk konsepnya memang akan diadakan kirab yang berlangsung dari Genuk Kemiri menuju Pendopo Kabupaten. Tentunya, hal itu berbeda dengan tahun sebelumnya karena kirab ini dilakukan setiap lima tahun sekali.”

Persiapannya sendiri, dikatakan bupati sudah maksimal bahkan terbilang sempurna. Sehingga pada tanggal 7 Agustus nanti kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik. Perlu diketahui kirab ini digadang bakal menjadi promosi wisata.

“Ada juga budaya, bukan cuma dari Pati, tapi Nusantara. Dengan harapan, kita promosi wisata Kabupaten Pati. Nantinya, kearifan lokal yang ada, kita tampilkan. Agar semua orang tahu kalau Pati punya banyak sekali budaya,” paparnya.

Kedepan, Bupati berharap setelah selesai masa jabatannya, pemerintah kabupaten bisa menampilkan konsep yang lebih menarik lagi. Jelasnya, "Karena bukan sekedar seremonial. Tapi semua orang harus tahu, jika dahulu saat menyatukan Kadipaten Carang Soko dan Parang Garuda untuk kemudian menjadi kabupaten Pati, tidaklah mudah.” [Fadil]

TerPopuler