Majukan Ekonomi Melalui DD Tepat Sasaran

Majukan Ekonomi Melalui DD Tepat Sasaran

Selasa, 30 Juli 2019, Juli 30, 2019
POTENSI : Camat Tlogowungu, Jabir saat mengunjungi salah satu stand produk unggulan di wilayahnya.


TLOGOWUNGU – Pihak Kecamatan Tlogowungu terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di wilayahnya. Salah satunya dengan kegiatan bertajuk Bursa Inovasi Desa di halaman Kantor Kecamatan Tlogowungu, Selasa (30/7).

Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, kaitannya penggunaan dana desa (DD) yang lebih tepat sasaran dan tidak hanya berkutat pada pembangunan infrastruktur saja. Ihwal tersebut diungkapkan Camat Tlogowungu, Jabir.

Setidaknya, DD yang diterima desa setiap tahunnya mencapai ratusan juta bahkan milyaran rupiah. Hanya saja dalam pemanfaatannya belum maksimal, dan sebagian besar dari tahun ke tahun hanya berkutat untuk pembangunan fisik (infrastruktur) berupa pembangunan jalan atau pembangunan talut.

“Untuk itu, desa-desa di Kecamatan Tlogowungu melalui Bursa Inovasi Desa didorong untuk memaksimalkan penggunaan anggaran yang dikelolanya,” lanjutnya, “ Ini juga bentuk komitmen para kepala desa. Yakni untuk pengembangan pembangunan ekonomi dan SDM di wilayah Tlogowungu ini.”

Ditambahkan, kegiatan bursa inovasi Tlogowungu ini diikuti oleh 15 Desa yang ada di Kecamatan Tlogowungu. Dengan harapan agar setiap desa dapat memberdayakan potensi yang ada. Karena menurut Jabir, wilayah yang diampunya ini mempunyai banyak potensi yang dapat dikembangkan melalui tangan-tangan kreatif dan inovatif.

“Sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu unggulan di Tlogowungu yaitu adanya wisata alam pohon pinus dan produk kopi dengan berbagai macamnya. Selain itu kita punya batik, asli dari desa Cabak, yang nanti kita akan bantu marketingnya,” sebutnya. [Fadil]

TerPopuler