Optimis PAD Sektor Perikanan Sebesar Rp 6,7 Miliar Terpenuhi

Optimis PAD Sektor Perikanan Sebesar Rp 6,7 Miliar Terpenuhi

Selasa, 09 Juli 2019, Juli 09, 2019
LELANG : Proses pelelangan ikan konsumsi di salah satu tempat pelelangan ikan di Kabupaten Pati.


KOTA – Pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor perikanan sebesar Rp 6,7 miliar di Bumi Mina Tani, optimis dapat dipenuhi Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislautkan). Meskipun saat ini banyak kapal penangkap ikan yang baru melaut pasca-lebaran.

PAD sektor perikanan baru hingga detik ini diketahui baru nembus angka 53,19 persen atau senilai Rp 3,564 miliar, dari Rp 6,7 miliar yang ditargetkan.

“Hanya saja memang dibutuhkan tenaga ekstra karena sektor perikanan tidak melulu ramai, khususnya waktu sekarang ini,” beber Kabid Pembinaan dan Pengelolaan TPI (P2TPI) pada Dislautkan, Dwi Endang Subekti, Kamis (9/7).

Sepinya tempat pelelangan ikan sekarang ini, dikarenakan banyak kapal penangkap ikan yang baru pergi melaut, setelah libur panjang lebaran kemarin. Diprediksi pada triwulan ke-tiga yakni pada bulan Oktober – November ketersedian ikan di TPI akan berlimpah ruah.

Imbuh Dwi saat ditemui di ruangannya, “Kalau sudah masuk di bulan itu, para nelayan akan pulang dengan membawa tangkapan yang banyak, ikan yang dilelang juga akan banyak. Sehingga kami yakin bisa memenuhi PAD."

Ditambahkan, jumlah pendapatan PAD tersebut di atas bersumber dari delapan TPI besar, seperti TPI Juwana misalnya. Sedangkan, 5 persen lainnya berasal dari TPI kecil yang tersebar di wilayah Kabupaten Pati.

Lantaran para nelayan baru melaut, sehingga ketersediaan ikan di TPI tidak begitu menggeliat. Meski begitu, masih ada stok dari beberapa kapal yang telah berlabuh walau jumlahnya tidak banyak.

Selain itu, pihak TPI tidak kehabisan akal dengan menggelar simpanan coolstorage yang dilelang untuk memenuhi pasokan ikan konsumsi untuk masyarakat.

“Yang namanya lelang itu kan tergantung seberapa banyak tangkapan nelayan. Kalau nelayan baru berangkat melaut, tentu tidak ada ikan yang bisa dilelang. Paling-paling yang dari Coolstorage, itu pun tidak seberapa," kata Dwi. [Fadil]

TerPopuler