Polisi Bantu Warga Terdampak Kekeringan

Polisi Bantu Warga Terdampak Kekeringan

Senin, 22 Juli 2019, Juli 22, 2019
DROPING : Kapolres Pati, Jon Wesly Arianto bersama jajarannya saat menyalurkan bantuan air bersih.


BATANGAN – Sejumlah wilayah di Kabupaten Pati saat ini sudah mulai mengalami kekeringan. Bahkan akibat musim kemarau panjang tahun ini warga sulit untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

Untuk membantu warga, Polres Pati melakukan kegiatan sosial dengan memberikan bantuan droping air bersih kepada warga yang membutuhkan. Uniknya dalam melakukan droping air, jajaran Polres Pati mengunakan kendaraan taktis water canon yang biasanya untuk mengurai masa saat unjuk rasa.

Dalam kesempatan ini, droping air bersih langsung dipimpin Kapolres Pati, AKBP Jon Wesly Arianto dan di dampingi Kasat Sabhara, AKP Sugino. Warga yang menjadi sasaran bantuan nampak antusias lansung menyiapkan wadah air dari plastik untuk menampung air.

"Ini adalah bentuk bakti sosial kita sebagai anggota polisi. Dengan kegiatan ini kami ingin menujukan kepada masyarakat bahwa polisi tidak melulu melakukan penegakan hukum semata, tapi juga bisa hadir untuk membantu masyarakat," kata AKBP Jon saat memberikan bantuan air bersih untuk warga di Desa Pecangaan, Kecamatan Batangan, Senin (27/7) pagi.

Salah seorang warga setempat, Eni (43), mengaku senang adanya bantuan air bersih untuk warga. Menurutnya sudah sejak dua bulan terakhir dia dan warga lainya sudah kesulitan mendapatkan air bersih.

Meski menurut Eni di desanya sudah ada saluran PDAM, tetapi aliran airnya sering mati, mau tidak mau warga harus membeli air literan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, semisal untuk mandi, masak dan cuci.

"Sejak dua bulan warga di sini sudah susah dapat air karena saluran PDAM sering mati karena kemarau. Kalaupun ada sumber mata air di sumur tapi rasanya asin tidak bisa digunakan," keluhnya.

Di lokasi yang sama, Kasat Sabhara AKP Sugino juga mengimbau kepada warga yang terdampak kekeringan untuk membikin laporan agar bisa didata dan diberi bantuan.

"Dari data yang kami terima saat ini daerah yang kekeringan adalah di Kecamatan Batangan, Pucakwangi, Tambakromo dan Kayen. Kami menerima pengaduan dari warga yang terdampak kekeringan, nantinya akan diberi bantuan air bersih bergiliran," sebutnya. [Fadil]  

TerPopuler