Proses Normalisasi Sungai Juwana Masuk Tahap Pengukuran

Proses Normalisasi Sungai Juwana Masuk Tahap Pengukuran

Rabu, 17 Juli 2019, Juli 17, 2019
RAPAT : Rakor normalisasi Sungai Juwana oleh pihak terkait.


KOTA – Proyek pengerjaan normalisasi Sungai Juwana saat ini telah berjalan dan sudah masuk tahap pengukuran oleh rekanan pemenang lelang. Diperkirakan pada tahun 2021 normalisasi Sungai Juwana bakal rampung.

Ihwal tersebut diutarakan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pelami Juana, Ruhban Ruzziyatno. Katanya, “Sebenarnya untuk penanganan Seluna (Serang, Lusi, Juana -red) ini sudah dilakukan desain. Sehingga pada 2021 nanti, sudah akan tertangani semuanya. Termasuk normalisasi Sungai Juwana.”

“Untuk pagu anggaran dalam normalisasi Sungai Juwana ini memang ada Rp 40 miliar,” lanjutnya, “Hanya saja setelah proses pelelangan, ternyata pihak pemenang hanya membutuhkan anggaran Rp 32 miliar saja.”

Dan pada tahapan berikutnya pihak BBWS tahun depan juga akan mengusulkan penganggaran lagi untuk normalisasi Sungai Juwana. Sehingga, program tersebut dapat berkelanjutan. "Dengan begitu, masalah Seluna ini pada 2021 nanti sudah dapat digangani semuanya," beber Ruhban, Kamis (18/7).

Dalam rapat koordinasi (Rakor) persiapan normalisasi Sungai Juwana yang digelar di Ruang Joyo Kusumo Setda Pati ini juga terungkap, bahwa Surat Perintah Kerja (SPK) untuk normalisasi Sungai Juwana sudah turun sejak 10 Juni lalu.

"SPK sudah turun. Saat ini rekanan masih melakukan pengukuran untuk panjang sungai yang akan dinormalisasi," sebutnya selepas rakor.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Pati Haryanto mengutarakan, bakal membantu dan memantau proses pelaksanaan normalisasi Sungai Juwana yang menjadi salah tumpuan kehidupan warga Bumi Mina Tani, baik bagi nelayan maupun petani itu.

"Semuanya sudah kami koordinasikan. Intinya saat normalisasi dilakukan, semuanya akan berjalan lancar," tegas orang nomor satu di Kabupaten Pati ini. [Fadil]

TerPopuler