Puntung Rokok Disinyalir Sebabkan Kebakaran di Jaken

Puntung Rokok Disinyalir Sebabkan Kebakaran di Jaken

Sabtu, 13 Juli 2019, Juli 13, 2019
PERIKSA : TNI/Polri berada di lokasi rumah gadang yang terbakar.

JAKEN – Berhati-hatilah ketika membuang puntung rokok, jangan sampai hal remeh seperti ini menjadi penyebab kebakaran, apalagi di musim kemarau seperti sekarang ini. Seperti yang terjadi di Dukuh Gendolo, Desa Trikoyo, Kecamatan Jaken, Pati. Sebuah rumah gadangan jerami dilalap api yang disinyalir disebabkan puntung rokok, Sabtu (13/7) siang.

Peristiwa ini pun menyebabkan pemilik bangunan, Abdul Ghofur (48) asal Dukuh Gendolo RT 04/ RW 03 mengalami kerugian materi sebesar Rp 10 juta. Ihwal tersebut dijelaskan Kapolres Pati, AKBP Jon Wesly Arianto melalui Kapolsek Jaken, Iptu Sunaryo.

“Mendengar informasi adanya bangunan terbakar, kami langsung mengerahkan personel untuk membantu proses pemadaman dan melangsungkan olah tempat kejadian perkara (TKP),” lanjutnya, “Tidak ada korban jiwa, hanya materi saja.”

Puntung rokok yang dibuang orang sembarangan, disinyalir menjadi penyebab terjadinya kebakaran rumah gadangan jerami berukuran 5 x 3 meter itu terbakar. “Disinyalir dari puntung rokok, apalagi ini kan musim kemarau, banyak jerami kering pula. Bangunan yang terbakar terbuat dari kayu jati dan mengakibatkan kerugian materiil sebesar Rp 10.000.000,” bebernya.

Kali pertama, kebakaran tersebut diketahui Sutarman (45). Kala itu sekitar jam 14.00 WIB, dia berada di belakang rumahnya dan melihat api sudah berkobar membakar rumah gadangan jerami milik Ghofur.

Masih Iptu Sunaryo, “Dia lalu memberitahukan kejadian itu kepada warga sekitar. Warga segera memadamkan api dengan peralatan seadanya dan api pun dapat dipadamkan, sehingga tidak menjalar ke bangunan lainnya.”

Diketahui, kebakaran tidak hanya terjadi di rumah gadangan jerami turut Dukuh Gendolo, Desa Trikoyo. Beberapa jam sebelumnya, api juga meludeskan asrama putra pondok pesantren (Ponpes) At Tasmir yang berada di Dukuh Guyangan, Desa Sidoluhur. Kedua lokasi tersebut berada di wilayah Kecamatan Jaken. [Fadil]

TerPopuler