Triwulan Kedua PAD Capai 57,15 Persen

Triwulan Kedua PAD Capai 57,15 Persen

Selasa, 16 Juli 2019, Juli 16, 2019
RAKOR : Bupati Pati Haryanto memimpin jalannya rapat pada triwulan kedua.

KOTA – Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pati hingga pertengahan tahun ini mencatat, dari target pendapatan asli daerah (PAD) di Bumi Mina Tani sebesar Rp 326,3 miliar, baru mencapai 57,15 persen atau Rp 186,5 miliar.

Ihwal tersebut terungkap dalam rapat koordinasi untuk mengevaluasi serapan anggaran dan capaian PAD yang dipimpin oleh Bupati Pati, Haryanto. Dalam evaluasi tersebut, diketahui jika ada sejumlah dinas yang penyerapannya masih berada dibawah target.

Sementara untuk capaian PAD ini sendiri, terhitung relatif cukup baik. Hampir semua OPD mampu melaksanakan PAD hingga 50 persen atau melebihi target tri wulan kedua ini. Bupati Pati Haryanto menyebut, rakor evaluasi itu memang menjadi agenda rutin setiap tiga bulan sekali yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pendapatan yang telah masuk dan serapan anggaran yang bisa dilaksanakan.

“Dalam hal ini memang ada beberapa SKPD yang belum memenuhi target. Namun untuk di lapangannya sebenarnya telah terlaksana. Hanya pertanggungjawaban yang belum dilakukan,” terangnya.

Sementara untuk serapan pendapatannya sendiri diakuinya telah memenuhi target seluruhnya. Meski diakuinya juga masih ada yang belum maksimal lantaran mengalami beberapa kendala. “Seperti untuk retribusi yang dari alun-alun tersebut. Saat ini kami buat gratis lantaran dalam rangka relokasi. Namun itupun nilainya tidak begitu besar,”terangnya.

Dirinya berharap pada triwulan berikutnya penggunaan anggaran dan penerimaan PAD dapat terserap dengan baik. Sehingga untuk target yang telah ditentukan dapat dipenuhi dengan baik. Imbuh Haryanto, “Saya sendiri yakin pendapatan bisa terpenuhi.Apalagi selama ini memang biasanya di atas dari yang ditargetkan.” [Fadil]

TerPopuler