Akademisi IPMAFA Dorong Peningkatan Ekonomi Warga Dumpil

Akademisi IPMAFA Dorong Peningkatan Ekonomi Warga Dumpil

Rabu, 14 Agustus 2019, Agustus 14, 2019
PATIK : Dosen IPMAFA saat memberikan materi dihadapan Pemdes dan warga Dumpil. (Doc. Humas IPMAFA)

DUKUHSETI – Dorong peningkatkan perekonomian masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari Institut Pesantren Mathali'ul Falah (IPMAFA) sambangi Desa Dumpil, Kecamatan Dukuhseti, Pati.

Dalam kegiatan bertajuk “Pemanfaatan Bumdes Desa Dumpil Sebagai Lembaga Pembiayaan Mikro Syariah” itu, akademisi IPMAFA menginisiasi pelaksanaan program edukasi lembaga jasa keuangan kepada masyarakat sebagai wujud pengabdian.

“Kegiatan ini salah satu tujuannya untuk memantik pendirian Bumdes yang salah satunya melaksanakan fungsi lembaga pembiayaan mikro syariah di Desa Dumpil. Sehingga diharapkan dapat mendorong dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” terang pemateri, Khabib Solihin, (8/8) lalu.

Lanjutnya, “Potensi Bumdes Desa Dumpil juga bisa dimanfaatkan menjadi lembaga pembiayan mikro syariah untuk meningkatkan usaha masyarakat.”

Sementara itu, M Sidiq yang juga menjadi pemateri dalam kegiatan interaktif tersebut membeberkan, kiat perkoperasian serta tata cara mendirikannya, beserta dengan analisa berbagai kasus yang ada di lapangan.

“Ini perlu dikaji mendalam kepada masyarakat, untuk memberikan gambaran sebuah bentuk lembaga jasa keuangan yang baik dan sehat tentunya,” imbuhnya.

Diharapkan dengan adanya acara itu, dapat meningkatkan semangat ber-investasi dan kecerdasan mengelola keuangan. Terlebih, pengabdian yang telah dilakukan pihak IPMAFA benar-benar memberikan dampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Dumpil menyebut, program ini sangat penting bagi pemdes dan warga. Tuturnya, “Sekalipun orang desa, kita harus paham tentang lembaga jasa keuangan, agar lebih cerdas dalam mengelola keuangan dan melakukan investasi untuk mewujudkan kesejahteraan bersama.” [Fadil]

TerPopuler