Kurangi Sampah Plastik, DPC Demokrat Pati Bagikan Daging Kurban Pakai Besek

Kurangi Sampah Plastik, DPC Demokrat Pati Bagikan Daging Kurban Pakai Besek

Selasa, 13 Agustus 2019, Agustus 13, 2019

BERSALAMAN : Ketua DPC Partai Demokrat Pati saat membagikan daging kurban di Kantor DPC. 

KOTA - Ada yang berbeda dalam pembagian daging kurban yang dilakukan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat (PD) Kabupaten Pati. Tidak terlihat kantong plastik dalam kemasan daging kurban yang dibagikan kepada warga sekitar dan kaum dhuafa, Selasa (13/8).

Dalam pembagian tersebut, Ketua DPC Partai Demokrat Pati Joni Kurnianto mengatakan bahwa kemasan yang digunakan adalah besek atau kotak dari anyaman bambu. Hal itu agar lebih ramah lingkungan dan tidak menambah limbah sampah plastik.

Dia melanjutkan, pada tahun sebelumnya, saat pembagian daging selalu dibungkus dengan kantong plastik. Tetapi untuk tahun ini, pihaknya memang sengaja membungkus dengan besek.

"Penggunaan besek, daun pisang maupun daun jati memang sudah disarankan oleh Guberjur Jateng, Ganjar Pranowo maupun Bupati Pati Haryanto. Untuk itu, kami menjalankan saran mereka dengan menggunakan besek," jelasnya.

Ditambahkan, pembagian daging kurban ini memang rutin dilakukan setiap Idhul Adha. Mengingat, itu adalah sebagai bentuk rasa syukur dan sekaligus untuk berbagi kepada sesama.

"Setiap Idhul Adha, kami pasti menyembelih satu ekor sapi. Dagingnya kami bagikan kepada warga sekitar dan kaum dhuafa," katanya.

Dalam pemilihan hari pun, dirinya mengaku lebih memilih berkurban pada hari ketiga Dzulhijjah. Sehingga, warga yang pada hari pertama dan kedua dzulhijjah tidak mendapatkan daging, mereka bisa datang ke DPC PD untuk meminta daging kurban itu.

"Tadi ada banyak warga yang antre mendapatkan daging kurban. Ada ibu rumah tangga, ada juga para penarik becak yang ikut ambil bagian," pungkasnya. [Kaji]

TerPopuler