Potong Rafia Pakai Korek, Gudang Ikut Terbakar

Potong Rafia Pakai Korek, Gudang Ikut Terbakar

Senin, 05 Agustus 2019, Agustus 05, 2019
OLAH : Personel kepolisian sektor Gabus meminta keterangan saksi pasca-kebakaran.


GABUS – Gudang Rosok yang berlokasi di Desa Wuwur, Kecamatan Gabus, Pati, hangus terbakar, Selasa (6/8) pagi. Musibah ini disinyalir berasal dari tali rafia yang disulut dengan korek api dan merembet ke bahan mudah terbakar karena lepas dari pantauan.

Diketahui, akibat kebakaran gudang rosok ini, pemilik bangunan Mu'adah warga Desa Wuwur  RT 07/RW 02, Kecamatan Gabus, mengalami kerugian materi jutaan rupiah. Mengingat, sejumlah benda yang berada di bangunan ludes diamuk si jago merah.

“Penyebab kebakaran berasal dari tali rafia yang dipotong suami korban, Kusnan dengan menggunakan korek api. Dan tanpa disadarinya, potongan tali rafia tersebut masih terbakar dan menjalar pada kasur dan rosok kardus,” ungkap Kapolres Pati, AKBP Jon Wesly Arianto melalui Kapolsek Gabus Iptu Pujiati.

Lebih lanjut dia membeberkan, pada jam 06.30 WIB Kusnan (58) memotong tali rafia di dalam gudang rosok dengan menggunakan korek api. Selepas itu, Kusnan pun keluar dari gudang untuk mengikat wareng (jaring –red) dengan tali rafia.

Tanpa disadarinya, ternyata potongan tali rafia yang semula dipotong dengan menggunakan korek api tersebut masih terbakar, dan  menjalar ke kasur bekas dan tumpukan kardus. Imbuhnya, “Mengetahui hal tersebut saudara Kusnan selanjutnya meminta bantuan warga dan mengambil air untuk memadamkan api tersebut.”

“Api dapat dipadamkan sekira pukul 07.00 WIB oleh warga dengan menggunakan selang air dan ember,” jelasnya.

Ditambahkan, selang beberapa menit kemudian, sebanyak lima armada pemadam kebakaran (Damkar) tiba di lokasi kejadian, tetapi api telah bisa dijinakkan warga dengan peralatan seadanya. Satu Damkar Pemda Pati pun akhirnya dipergunakan untuk melakukan pendinginan sisa-sisa kebakaran. [Fadil]

TerPopuler