Anggaran Revitalisasi Alun alun Pati Membengkak

Anggaran Revitalisasi Alun alun Pati Membengkak

Selasa, 24 September 2019, September 24, 2019


KOTA – Revitalisasi Alun-alun Pati yang direncanakan rampung pada 18 September lalu, harus molor sampai 8 Oktober mendatang. Instansi terkait berdalih jika molornya proyek tersebut, lantaran adanya selisih di lapangan dari rencana awal. Tidak sampai di situ, imbasnya anggaran pun bertambah.

“Memang kontrak awal pengerjaan dilaksanakan 22 April dan selesai 18 September.  Namun sedikit terjadi selisih dari rencana awal. Hal itu karena garis kurang siku, sehingga terjadi pergeseran 50 cm disisi barat dan timur,” papar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Pati melalui Pengawas Lapangan Revitalisasi Alun-alun, Ariyanto Wibowo, Selasa (24/9) siang.

Akibatnya, pihaknya harus menambah luasan volume, termasuk meninggikan lapangan hingga 80 sentimeter yang rencana awalnya hanya naik 60 sentimeter saja dari permukaan jalan raya.

Imbas penambahan volume, terjadi pembengkakan anggaran menjadi Rp 9,53 miliar dari yang semula Rp 8,84 miliar dengan alasan telah dilakukan evaluasi dan kebutuhan teknis. Meski sebelumnya, pagu awal sebesar Rp 9,81 miliar tetapi oleh pemenenang proyek PT Tri Mega Indah dan PT Aneka Tata lanskap (KSO) menjadi Rp 8,8 miliar.

“Sesuai dengan Perpres mengenai pengerjaan konstruksi, boleh memaksimalkan 10 persen dari nilai kontrak. Dari penambahan volume ini dibuatlah amandemen. Setelah selesai, tim teknis melakukan kajian lagi tentang penambahan waktu. Juga ada pemadatan tanah, perlu waktu  penambahan biar efektif dan tidak terburu-buru,” jelasnya saat ditemui di ruangannya.

Saat ini, proses revitalisasi Alun-alun pekerjaannya sudah mencapai 92%. Tinggal pembenahan dan penanaman rumput yang sebagian baru ditanam. Saat ini pemasangan lantai dan instalasi listrik hampir selesai.

Ditambahkan, “Kita kontrak harga satuan, nanti yang dibayarkan sesuai apa yang dikerjakan. Tanpa melebihi pagu anggaran. Kami optimis pengerjaan akan selesai tepat waktu. Nantinya, dari segi fungsi Alun-alun lebih untuk ruang terbuka agar masyarakat dapat berinteraksi lebih leluasa. Nanti juga ada jogging track, setting grup dan taman kecil.” [Fadil]

TerPopuler