Kejurnas Tenis Lapangan Junior Pelti Pati Open Resmi Dihelat

Kejurnas Tenis Lapangan Junior Pelti Pati Open Resmi Dihelat

Minggu, 22 September 2019, September 22, 2019


KOTA – Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Tenis Lapangan Junior bertajuk Pelti Pati Open 2019 resmi dibuka, Senin (23/9) pagi. Kejuaraan yang digelar setiap tahunnya ini pun menjadi ajang adu kebolehan petenis, tidak hanya di Bumi Mina Tani saja, melainkan se-Indonesia.

Tercatat, ada sebanyak 130-an atlet dari penjuru nusantara yang mempelihatkan ketangkasan pada ajang tersebut. Selain sebagai lahan untuk menjaring atlet putra-putri Pati khususnya, kejuaraan ini juga sebagai cara untuk mengenalkan Kabupaten Pati di mata dunia, termasuk destinasi wisatanya.

“SK untuk kejuaraan ini sudah keluar dari PB Pelti. Kami juga mendapat bantuan bola tenis. Kejuaraan yang kita selenggarakan ini masuk Level J4 atau tertinggi kedua,” papar Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) Pelti Pati, Joni Kurnianto.

Meski pihak panitia menargetkan 150 atlet bakal berunjuk gigi dalam kejurnas ini. Namun hanya 130-an saja atlet yang mendaftar, lantaran terganjal adanya Ujian Tengah Semester (UTS) di sejumlah sekolah.  

“Kendalanya ini bertepatan dengan UTS. Sebenarnya kita sudah mengikuti kalender Jateng, di Jateng itu 16 September dan kita sudah mundurkan hingga tanggal 23 ini, tetapi masih ada yang UTS tanggal tersebut, itu karena ada beberapa sekolah yang melakukan akreditasi, UTS-nya mundur. Ada beberapa yang minta dispensasi sudah kita buatkan,” ungkapnya.

Meski begitu, atlet dari luar Pati banyak bermunculan untuk mengikuti ajang bergengsi tersebut di antaranya dari Palembang, Surabaya, Wonongiri, Ciamis, Kudus, Semarang dan sejumlah kota lainnya.

“Yang di luar pulau ini yang tidak bisa, dulu ada dari Manado dan Makasar, tetapi karena ada UTS ini. Kita tetap komitmen demi adek-adek kita. Untuk atlet dari Pati sendiri ada sekitar 20-an,” bebernya di Lapangan Tenis eks-Bakorwil.



Sementara itu, Bupati Pati, Haryanto mengatakan, momen ini merupakan salah satu kesempatan untuk mempromosikan semua potensi Kabupaten Pati, tidak hanya sektor wisata tetapi juga produk-produk unggulannya.

“Peserta dari luar Jawa Tengah ternyata banyak, ini tidak pertama tetapi sudah beberapa kali. Ini juga salah satu langkah untuk mempromokasikan Kabupaten Pati, ya sektor wisata, ya sektor lainnya,” paparnya.

Bupati mengaku jauh-jauh hari sudah menyiapkan atlet junior yang berkompeten dalam ajang tersebut. Katanya, “Kita sudah membimbing, kita juga terus mencetak atlet melalui kompetisi, latihan, bahkan mendatangkan pelatih nasional. Semoga kedepannya semakin baik dan maju.”

Diketahui, sejumlah lapangan tenis disiapkan untuk menggelar kejuaraan terbuka tingkat nasional dengan hadiah voucher serta piala. Di antaranya Lapangan Tenis eks-Bakorwil, Lapangan Tenis Indoor Joyokusumo, Lapangan Tenis SMA Negeri 1 Pati dan beberapa lapangan tenis lain. [Fadil]

TerPopuler