KPA Gandeng Fatayat dan Pemdes Maksimalkan Sosialisasi HIV/Aids

KPA Gandeng Fatayat dan Pemdes Maksimalkan Sosialisasi HIV/Aids

Selasa, 17 September 2019, September 17, 2019


MARGOYOSO – Komisi Penanggulangan HIV Aids (KPA) terus berupaya menanggulangi tingginya angka penderita HIV/Aids di Bumi Mina Tani. Beberapa langkah pun dilakukan, salah satunya dengan menggandeng pegiat HIV Aids Fatayat NU dan pemerintah desa (Pemdes).

Dengan begitu, harapannya sosialisasi di tingkat desa yang bersentuhan langsung dengan masyarakat bisa lebih tepat sasaran. Seperti yang terlihat di Desa Sidomukti, Kecamatan Margoyoso, Pati.

“Sosialisasi ini bertujuan agar para remaja dan pemuda tidak melakukan pergaulan bebas yang rawan menjadi salah satu penyebab terjangkitnya HIV Aids,” beber Kepala Desa Sidomukti, Karwito.

Lanjutnya, “Karena selama ini warga memang masih minim pengetahuannya terkait HIV/Aids, sehingga perlu adanya sosialisasi.”

Untuk itulah para remaja dan pemuda itu diberikan pemahaman terkait cara penularan, penanggulangan hingga persoalan HIV Aids itu sendiri. Bahkan yang tidak kalah penting  dalam sosialisasi tersebut juga diberikan pemahaman tentang bagaimana memperlakukan orang dengan HIV Aids (Odha). Sehingga diharapkan diskriminasi terhadap ODHA jangan sampai dilakukan.

Bahkan selain dilakukan sosialisasi, dalam kesempatan itupun turut dilakukan test HIV/Aids kepada parapeserta. Salah seorang peserta sosialisasi, Intan Deviana Agusetya mengatakan, “Sepertinya sosialisasi seperti ini harus sering dilakukan. Saya jadi banyak mengetahui tentang HIV/Aids dan ODHA. Terutama tentang bahaya dan cara penularannya.”

Data dari KPA Kabupaten Pati sendiri disebutkan jika hingga Mei ini tercatat ada 71 kasus baru HIV /Aids. Dari puluhan kasus itu sendiri tercatat ada dua orang yang telah meninggal dunia. Sedangkan di tahun 2018 ada sebanyak 157 kasus. Dari ratusan itu untuk di Kecamatan Margoyoso sendiri ada sebanyak tujuh kasus. Jumlah itu menempatkan nomor lima se Jawa Tengah.

Untuk menekan angka HIV/Aids di Pati sendiri saat ini Puskesmas diharapkan untuk melakukan konseling dan test HIV / Aids pada ibu hamil. Selain itu upaya sosialisasi juga terus digencarkan. [Fadil]

TerPopuler