Nikmatnya “Sruput” Kelapa Kopyor di Agrowisata Kenanti

Nikmatnya “Sruput” Kelapa Kopyor di Agrowisata Kenanti

Kamis, 19 September 2019, September 19, 2019

PETIK : Pelancong memetik sendiri buah kelapa kopyor langsung dari pohonnya.

DUKUHSETI – Industri wisata tumbuh subur di Bumi Mina Tani, mulai dari wana wisata, bahari, agro, religi, edukasi hingga wisata kuliner. Terbaru agro wisata kelapa kopyor yang menawarkan pengalaman yang berbeda bagi pelancong di Desa Kenanti, Kecamatan Dukuhseti, Pati.

Selain menawarkan suasana perkebunan yang adem dan asri, di lokasi pelesir ini anda juga dapat menikmati segarnya es kelapa kopyor yang dipetik langsung dari pohonnya. Tentunya, anda dapat memilih sendiri buah kelapa yang anda minati.

Tidak usah khawatir, puluhan pohon kelapa di destinasi ini hanya memiliki tinggi tiga meter saja. Sehingga anda tetap bisa menikmati suasana dengan pasangan, maupun keluarga di akhir pekan.

Pengelola juga telah menyediakan sejumlah wahana penunjang, sehingga spot untuk berswafoto mengabadikan momen dengan orang terkasih akan lebih berwarna.

Ialah Ismail yang mempunyai ide brilian itu sejak tahun 2016 silam. Pria yang penuh kharisma ini pun dengan suka hati membuka wawasannya kepada para pelancong, jika ingin mengetahui segala sesuatu berkenaan kelapa kopyor.

“Saya punya angan-angan ini sebenarnya sudah lama. Lalu saya tanam itu pohonnya pada 2016 dan alhamdulillah tahun ini berbuah banyak, akhirnya saya sengaja buka untuk umum. Di sini ada sekitar 50 pohon kelapa kopyor,” paparnya.

Tidak hanya warga Kabupaten Pati saja, tetapi pelancong dari daerah lain juga banyak. Jelasnya, ”Banyak yang datang ke sini untuk belajar tentang kelapa kopyor, mulai dari warga biasa juga dari instansi. Pengunjungnya sudah banyak ada yang dari Kabupaten Rembang, Jepara, hingga Grobogan.”

Salah satu edukasi yang ditawarkan di agro wisata ini adalah tentang penanganan hama kelapa. Hama berupa hewan wawung sendiri menjadi musuh utama bagi pohon kelapa. Jika tidak teliti dan telaten mengatasinya, pohon kelapa bisa mati dimakan hewan jenis kumbang ini.

Selain menikmati dalam bentuk minuman es, pengunjung yang datang bisa membawa pulang satu butir kelapa kopyor utuh. Harga dipatok antara 30 hingga 60 ribu rupiah. Itu pun, tergantung besar-kecil ukuran kelapanya. [Fadil]

TerPopuler