Normalisasi Sungai Juwana Terkendala Parkir Kapal

Normalisasi Sungai Juwana Terkendala Parkir Kapal

Jumat, 13 September 2019, September 13, 2019
ILUSTRASI.


KOTA – Banyaknya kapal penangkap ikan yang tertambat di  sepanjang Sungai Juwana, menjadi dalih terkendalanya proses normalisasi. Padahal normalisasi sungai ini, rencananya bakal rampung pada tahun ini.

Ihwal tersebut diungkapkan, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana, Ruhban Ruzziyatno. Lebih jelasnya dia mengatakan, proses normalisasi Sungai Juwana masih terkendala adanya parkir kapal di sepanjang TPI setempat.

“Sebab selama masih ada kapal di sepanjang sungai, maka proses pengerukan tidak bisa dilakukan. Kendala lainnya, yakni adanya bangkai kapal dan kapal yang parkir mulai dari Jembatan Juwana hingga hilir," paparnya, Jumat (13/9).

Rencana awal proses normalisasi Sungai Juwana dari BBWS sendiri adalah dimulai dari Jembatan Juwana ke hulu. Namun oleh Bupati Pati, diminta supaya pengerjaanya dilakukan dari Jembatan Juwana hingga Pulau Seprapat.

Konsekuensinya, pengkondisian kapal yang berada di sepanjang Sungai Juwana tersebut harus dilangsungkan. "Dulu katanya (Bupati Pati -red) sudah menyelesaikan masalah bangkai kapal. Begitu juga dengan masalah parkir kapal. Tapi kalau ternyata kapal yang parkir masih banyak, bagaimana kami bisa memulai," tegasnya.

Padahal berdasarkan Surat Perintah Kerja (SPK) normalisasi Sungai Juwana sudah turun sejak 10 Juni lalu. Anggarannya pun tidak sedikit, diketahui untuk tahap pertama saja digelontorkan sebesar Rp 40 miliar.

Dia juga menargetkan, untuk penanganan Seluna (Serang, Lusi, Juana) diusahakan rampung pada 2021 mendatang. Bahkan untuk desainnya juga sudah ada. Ditambahkan, "Termasuk normalisasi sungai juwana juga harus sudah rampung pada tahun itu.” [Fadil]

TerPopuler