Rumah Kades Kalikalong Digeruduk Ratusan Warga Tolak Pamsimas

Rumah Kades Kalikalong Digeruduk Ratusan Warga Tolak Pamsimas

Rabu, 18 September 2019, September 18, 2019
UNJUK RASA : 300-an lebih warga Kalikalong menggelar aksi dengan tuntutan menolak pengadaan proyek Pamsimas.


TAYU – Menilai kebutuhan air bersih sudah tercukupi, ratusan warga Desa Kalikalong, Kecamatan Tayu, Pati, menggelar aksi menuntut proyek pengerjaan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) dihentikan, Kamis (19/9) pagi.

Warga menuding proyek tersebut, hanya akal-akalan pihak desa saja dan tidak adanya transparansi terkait pengerjaan proyek. “Proyek ini tidak tepat sasaran. Di sini air sangat berlimpah tidak berwarna, berbau maupun berasa. Tidak seperti yang digemborkan pihak desa yang mengatakan air sumur keruh dan teresapi pupuk,” jelas Korlap Aksi, Mahmud.

Mereka terpaksa turun ke jalan, mengingat berbagai upaya telah dilakukan, termasuk mediasi di tingkat Kabupaten terkait proyek tersebut. Sayangnya, hingga batas waktu yang telah dijanjikan aspirasi mereka tetap menggantung.

“Kami sudah mediasi di tingkat kabupaten dan oleh asisten II saat itu akan diberi waktu tenggang 3 hari untuk jawabannya. Namun hingga saat ini belum ada jawaban, maka dari itu kami melakukan aksi biar didengar,” ungkapnya.

Suasana aksi unjuk rasa yang berlangsung di depan rumah Kades Kalikalong ini pun sempat memanas. Lantaran dipicu sikap kades yang enggan menemui para pendemo.

Massa yang berjumlah 300 orang tersebut bahkan mengancam akan melakukan aksi serupa seminggu sekali, jika tuntutan mereka tidak digubris pihak terkait. Warga juga berjanji akan menyampaikan tuntutan kepada bupati dan anggota DPRD Pati.

“Harapan masyarakat kalau toh tetap berjalan, baiknya kita berembuk dulu untuk mencapai kesepakatan yang baik lah,” kata Mahmud.

Menanggapi aksi penolakan tersebut, Kades Kalikalong, Choirul Anam bersikukuh bakal melanjutkan program penyediaan air bersih. Kades beranggapan aksi penolakan warga salah sasaran.

Karena yang bertanggung jawab atas pengerjaan proyek  adalah Satuan Pelaksana (Satlak) Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) Pansimas. Sebagai kades, pihaknya hanya sebagai pengawas kegiatan. [Fadil]

TerPopuler