Usir Roh Jahat Dengan Arak Seribu Obor

Usir Roh Jahat Dengan Arak Seribu Obor

Jumat, 06 September 2019, September 06, 2019
BARA : Bara api disembur peserta ruwatan dengan menggunakan minyak dari mulutnya.


TLOGOWUNGU – Sebanyak 1000 obor diarak keliling desa dalam ritual tolak bala di Desa Gunungsari, Kecamatan Tlogowungu, Pati, Kamis (5/9) malam. Kearifan lokal yang telah berjalan sejak dahulu ini pun menjadi suatu tontonan yang menarik bagi wisatawan lokal.

Kepala Desa Gunungsari, Sudadi mengungkapkan, "Acara memang kami tepatkan pada malam Jumat Wage. Di mana menurut para sesepuh, di malam hari Jumat Wage itu keramat dan waktu yang tepat untuk mengusir roh jahat.”

Menurut budaya tutur, ritual ini dilakukan karena Desa Gunungsari sering diganggu roh jahat yang menyasar berbagai ternak milik warga. Namun, setelah tahun-tahun berlalu, tradisi ini tidak hanya sebagai sebuah ruwatan saja. Bahkan, sekarang ini sudah menjadi sebuah tradisi yang menghibur.

"Makanya, dalam perjalannya, sudah ada berbagai macam kesenian daerah yang juga ikut ditampilkan," papar Sudadi.

Selain sebuah ritual tahunan, para pemuda desa setempat juga dijak untuk menjaga kearifan lokal tersebut. Sehingga lamporan dapat dikenal oleh masyarakat luas. "Yang terpenting adalah kekompakan antar warga tetap terjaga dan kegiatan gotong royong senantiasa terjalin dengan baik," imbuhnya. [Fadil]


TerPopuler