21 Kontingen Ikuti Mapsi SD di Margoyoso

21 Kontingen Ikuti Mapsi SD di Margoyoso

Kamis, 03 Oktober 2019, Oktober 03, 2019


MARGOYOSO – Ratusan siswa SD mengikuti lomba Mata Pelajaran Agama dan Seni (Mapsi) tingkat Kabupaten, Kamis (3/10). Dihelat di SMP Negeri 1 Margoyoso, nantinya para jawara dalam perlombaan itu bakal menjadi kandidat di tingkat Provinsi.

Tercatat ada sebanyak 700 yang menyemarakkan kegiatan itu yang berasal dari 21 kecamatan dan diikuti 21 kontingen. Perlu diketahui, lomba yang digelar setiap tahunnya itu, sudah memasuki tahun  ke 22. Dan mempertandingkan sebanyak 13 mata lomba.

Lomba-lomba yang dipertandingkan sendiri di antaranya adalah lomba rebbana, kaligrafi, khitobah, mocopat islami, cerita islami, pengetahuan agama, kewirausahaan, karya tulis ilmiah, teknologi informasi, dan juga azan.

”Sesuai tujuan awal, kami ingin dengan lomba seperti ini akan membuat anak didik mampu mengamalkan nilai-nilai agama yang telah dipelajari di kelas. Sekaligus dengan lomba seperti ini juga menjadi bagian dari pendidikan karakter,” papar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati Winarto melalui panitia pelaksana, Yamahsari.

Tidak hanya itu, Mapsi juga bertujuan untuk menempa anak-anak memiliki pribadi toleransi, saling menghormati dan berkehidupan di tengah bermasyarakat. Lomba ini sendiri di mulai pada jam 08.00 – 17.00 WIB.

Kedepannya, para jawara dalam perlombaan tersebut bakal dikirim ke tingkat provinsi pada 15 – 16 November depan.

”Semoga di lomba tingkat kabupaten ini menghasilkan juara yang bisa dikirim untuk ke tingkat provinsi,” lanjutnya, “Tahun lalu Kabupaten Pati berhasil meraih juara di lima lomba. Paling tidak bisa mempertahankan apa yang telah didapat itu.” [Fadil]

TerPopuler