Pembentukan Panitia Pilkades Serentak Rampung Waktu Dekat

Pembentukan Panitia Pilkades Serentak Rampung Waktu Dekat

Kamis, 03 Oktober 2019, Oktober 03, 2019


KOTA – Pihak pemerintah targetkan proses sosialisasi dan pembentukan panitia pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, bakal rampung dalam waktu dekat. Sedangkan untuk proses pendaftaran pilkades serentak sendiri, dijadwalkan mulai dibuka pada awal November mendatang.

Dari jadwal sementara, ditargetkan proses pendaftaraan sekaligus pengumuman bakal calon (Balon) kepala desa (Kades) pilkades serentah tahap ketiga ini dapat mulai dilakukan pada tanggal 2 hingga 13 November.

“Diharapkan mulai Kamis (3/10) hingga Kamis (10/10), proses pembentukan panitia sudah selesai. Barulah setelah itu, bisa dilakukan penyusunan dan pembahasan tata tertib, jadwal hingga anggarannya,” beber Kasubag Pemerintahan Desa Setda Pati, Indah Febriana.

Perbedaannya pilkades tahun ini dengan yang sebelumnya adalah terkait jumlah wilayah. Jelasnya, “Kalau dulu untuk wilayahnya minimal 3 dan harus ganjil. Bisa 3,5,7,9 dan seterusnya. Tapi kalau saat ini diubah hanya menjadi tiga atau lima wilayah saja. Salah satu pertimbangannya memang karena jumlah panitia yang dibatasi.”

Sedangkan untuk aturan jumlah panitia yakni untuk desa dengan jumlah penduduk sampai dengan 1000 maksimal 20 panitia. Sementara desa dengan jumlah 1001 hingga 2000 maksimal hanya 30 orang. Begitu pula yang di atas 2001 penduduk, maksimal 40 panitia saja.

“Maka dari itu, diharapkan tidak terlalu banyak wilayahnya mengingat kebutuhan panitia juga sampai meliputi keamanan dan lain sebagainya,” paparnya. [Fadil]

TerPopuler