Kodim 0718 Pati Tanam Ratusan Bibit Tanaman Keras

Kodim 0718 Pati Tanam Ratusan Bibit Tanaman Keras

Kamis, 23 Januari 2020, Januari 23, 2020
Kodim 0718/Pati bersama Kantor Cabang Dinas Kehutanan Wilayah II Kabupaten Pati, Polres Pati dan Instansi terkait lainnya, Jumat,24/1/2020.


Pati- Sebanyak 300 bibit tanaman buah dan pohon keras ditanam di area lapangan tembak Sirwendo milik Kodim 0718/Pati desa Wangunrejo Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati hari ini. Jumat,24/1/2020.

Penanaman pohon yang dilaksanakan oleh jajaran Kodim 0718/Pati bersama Kantor Cabang Dinas Kehutanan Wilayah II Kabupaten Pati, Polres Pati dan Instansi terkait lainnya adalah Program penghijauan tahun 2020 yang bertujuan untuk menghijaukan kembali lahan yang kosong/reboisasi guna memperbaiki kualitas udara serta mengurangi dampak pemanasan global yang mengancam.

Dalam kegiatan penanaman pohon yang dilaksanakan mulai pukul 07.15 wib dihadiri Komandan Kodim 0718/Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani,SE, Kapolres Pati AKBP Bambang Yudhantara Salamun S.I.K., Bupati Pati diwakili Asisten 2 Pemerintahan Muktar Effendi, Kasdim 0718/ Pati Mayor Inf M. Solihin SAg, Kepala cabang Dinas Kehutanan wilayah II dan Lingkungan Hidup Jateng, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Pati, Kepala biro jasa Setda Provinsi Jateng, Muspika Kec. Margorejo, Danramil Kodim 0718/Pati, Ketua Persit KCK cabang XXXIX kodim 0718/Pati, Kepala BPD Kab. Pati, Kasatlantas Polres Pati, Anggota kodim 0718/Pati, Anggota dinas lingkungan hidup, anggota Polsek Margorejo dan Persit kodim 0718/Pati.


Bibit tanaman yang ditanam dalam penghijauan diantaranya adalah bibit pohon Mangga,Alpukat,Jambu Air, Jeruk Pamelo, Sukun, Matoa, Belimbing, Kelengkeng, Sawo Kecik, Duwet, Nangka serta bibit tanaman keras seperti Mahoni, Akasia, Ketapang, Trembesi.


Gerakan penghijauan ini sangatlah penting karena banyak sekali manfaat yang dapat dipetik dari kegiatan tersebut, diantaranya adalah manfaat yang dihasilkan dari pohon-pohon yang sudah besar diselain bisa diambil buah yang bisa dikonsumsi, kualitas udara akan semakin membaik karena oksigen (O2) yang dihasilkan dari proses fotosintesis dari pohon-pohon tersebut menyerap karbondioksida (C02) dari knalpot kendaraan maupun dari cerobong pabrik disekitar lingkungan sekitar kita sehingga secara otomatis akan memperbaiki kondisi udara.

Mengawali kegiatan penghijauan, terlebih dahulu dilaksanakan apel pagi yang dipimpin oleh Dandim 0718/Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani, SE.

Mengawali sambutan yang disampaikan Dandim Pati mengucapkan terima kasih kepada dinas lingkungan hidup di Kabupaten Pati dan semua pihak yang  telah bekerjasama dengan Kodim 0718/Pati guna membantu pelaksanaan penanaman pohon di lapangan tembak Sirwendo.

"Saat ini adalah waktu yang tepat untuk melaksanakan penanaman pohon karena masih dalam musim penghujan,"

"Kami harapkan dengan penanaman pohon ini dapat bermanfaat dan dirasakan dampak positif tentunya efek jangka panjang bagi lingkungan dan tentunya untuk membantu mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor yang sewaktu-waktu dapat mengancam,"

"Mari kita laksanakan penanaman pohon ini secara bersama-sama diseluruh wilayah Kabupaten Pati ini, agar bermanfaat untuk kita semua," tutur Adi.


Setelah pelaksanaan apel pagi dilanjutkan penanaman pohon secara serentak yang dilakukan oleh seluruh peserta sebanyak 250 orang yang hadir dalam kegiatan tersebut. (Snpt.pendim/pH)

TerPopuler