Dewan Kehormatan DPRD Pati Berburu Ilmu ke MKD DPR-RI

Dewan Kehormatan DPRD Pati Berburu Ilmu ke MKD DPR-RI

Selasa, 04 Februari 2020, Februari 04, 2020

Foto bersama Dewan Kehormatan DPRD didampingi Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Pati, Joni Kurnianto, dan anggota Majelis Kehormatan Dewan (MKD) DPR-RI,  Senin (3/2/20).

Kota - Sebagai upaya untuk menjalankan tugas dan kewenangannya secara maksimal, Dewan Kehormatan DPRD didampingi Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Pati, Joni Kurnianto, lakukan studi banding ke Majelis Kehormatan Dewan (MKD) DPR-RI,  Senin (3/2/20).

Diketahui bahwa tugas Dewan Kehormatan salah satunya adalah
Mengamati, mengevaluasi disiplin, etika, dan moral para anggota DPRD dalam rangka menjaga martabat dan kehormatan sesuai dengan Kode Etik DPRD, untuk itu menggali sebanyak mungkin  pengetahuan dan ilmu perlu dilakukan.

Hal itu disampaikan Joni Kurnianto melalui pesan WA usai melakukan kunjungan. Lebih lanjut, Joni, dalam kunjungannya dia dan rombongan disambut langsung Habiburohman SH, MH. - Waka MKD DPR RI beserta staf dan tenaga ahlinya di Ruang Rapat MKD DPR RI.

''kedatangan kami dalam kunjungan kerja kemaren langsung disambut oleh Waka MKD DPR RI, Habiburohman beserta staf dan tenaga ahlinya di Ruang Rapat MKD DPR RI" katanya.

Dalam pertemuannya dengan MKD, Joni dan tim mendapatkan pengetahuan bagaimana  melakukan tindakan jika anggota dewan melanggar kode etik.

" Kami mendapatkan pengetahuan untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan oleh dewan kehormatan jika ada anggota yang melanggar kode etik," tambah Joni.

Lebih lanjut, Joni mengatakan,
" beliaunya menjelaskan tentang fungsi MKD yang berusaha untuk tegas tetapi dilakukan sesuai dengan kode etik dan asas kepatutan, serta dipentingkan untuk melakukan sosialisasi terlebih dahulu secara jelas dan detil, baru kalau ada yg melakukan pelanggaran akan diberitahu kepada yang bersangkutan, fraksinya dan Pimwan" lanjutnya.

Joni juga mendapatkan pemahaman terkait sanksi jika anggota dewan melakukan pelanggaran, " kemudian kalo ada pelanggaran lagi bisa terjadi pemberian sanksi tentu saja dengan memberitahu juga kepada fraksinya, " pungkas Joni.

Setelah selesai melakukan kunjungan di MKD, Joni Kurnianto dan rombongan melanjutkan kunjungan ya ke DPRD Propinsi DKI, mereka disambut H. Misan, Waka DPRD Prov. DKI.

TerPopuler