Polres Pati, Kembali Canangkan Kampung Siaga Covid - 19

Polres Pati, Kembali Canangkan Kampung Siaga Covid - 19

Selasa, 14 April 2020, April 14, 2020
Kapolres Pati  AKBP Arie Prasetya Syafa’at bersama Kepala Desa Bumiayu dalam kegiatan pencanangan kampung siaga corona di Kantor Desa Bumiayu, Selasa (14/4/2020).

Pati - Kepolisian Resort (Polres) Pati dalam upaya mempercepat penanganan virus Corona dengan gencar lakukan pencanangan Kampung Siaga Corona serta mengajak masyarakat melawan Corona.

Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafa’at mengatakan, pencanangan kampung siaga Covid-19 ini akan terus dilakukan. Hanya, ada kriteria tersendiri agar sebuah desa bisa dinyatakan sebagai Kampung Siaga Covid-19.

”Misalnya di desa itu ada Orang Dalam Pemantauan (ODP), kemudian pihak desa juga proaktif melakukan antisipasi maupun penanganan,” katanya, Selasa (14/4/2020).

Selain itu, dalam hal penanganan pihak desa juga sudah menggunakan prosedur kesehatan. Seperti menyediakan posko penanganan Covid-19 dan lain sebagainya.

”Di Desa Bumiayu ini, saya menilai langkahnya sudah bagus. Sehingga layak untuk dicanangkan sebagai kampung siaga Covid-19,” terangnya.

Ia menambahkan, pencanangan kampung siaga covid ini akan terus dilakukan di desa lainnya. Sembari menetapkan, pihaknya juga memberikan bantuan berupa masker, tempat cuci tangan, dan hand sanitizer.

Sementara itu, Kades Bumiayu Karyadi mengatakan, langkah yang dilakukan untuk mengantisipasi persebaran wabah Covid-19 ini, yakni dengan memberlakukan jalur masuk satu pintu. Sehingga, semua yang masuk di Desa Bumiayu harus diperiksa terlebih dahulu.

”Jadi setiap ada orang yang keluar maupun masuk desa, harus meluli satu jalur yang sudah kami tetapkan. Kalau yang masuk, mereka kami tes dulu suhu tubuhnya,” jelas Karyadi. (Wr).

TerPopuler