BUMDes Hasil Makmur Tangani 2.266 KPM pada BPMT Tahap III

BUMDes Hasil Makmur Tangani 2.266 KPM pada BPMT Tahap III

Senin, 12 Oktober 2020, Oktober 12, 2020

 


Pati, Gabus - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Hasil Makmur Desa Tambahmulyo, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati, ditunjuk oleh provinsi Jawa Tengah untuk menyediakan kebutuhan Bantuan Pangan Masyarakat terdampak Covid-19 (BPMT) kepada keluarga penerima manfaat (KPM).

 

Ketua BUMDes Hasil Makmur, Sukamad mengatakan, ada klasifikasi khusus sehingga BUMDes bisa ditunjuk untuk menyediakan dan mendistribusikan BPMT. Salah satunya adalah BUMDes dalam kategori tumbuh.

 

“Dari sekian BUMDes di Pati hanya ada 27 BUMDes yang ditunjuk berdasarkan kriteria tersebut, salah satunya BUMDes Hasil Makmur,” ujarnya selepas memberikan Bansos BPMT tahap III kepada warga Desa Tambahmulyo, Minggu (12/10).

 

Ia melanjutkan, ada pun paket sembako yang disediakan adalah sembako beras premium 10 kg, telor 1 kg, minyak goreng 2 liter, lauk pauk, mi telur, dan kecap dengan nilai kumulatif perpaket sebesar Rp200.000.

 

“BUMDEs menyediakan kebutuhan tersebut, setelah tersalurkan semua baru uangnya diganti dari pihak dinas melalui rekening BUMDes. Untuk BUMDes hasil makmur sendiri, ini sudah ketiga kalinya untuk program itu,” bebernya.

 

Disebutkannya, dalam bantuan tahap pertama pihaknya menangani 2.280 KPM, kemudian pada tahap kedua sebanyak 2.279 KPM, dan pada tahap ketiga ini sedikitnya 2.266 KPM tertangani.

 

“Untuk data sendiri bukan kewenangan kami, kami sifatnya penerima data dari dinas terkait. Khusus untuk di Desa Tambahmulyo, kami berani mengambil sikap memberikan bantuan ekstra lima paket kepada warga yang tidak terdata dengan nilai yang sama, itu murni dari BUMDes,” terangnya.

 

Pria yang juga Ketua Perkumpulan BUMDes Mina Tani (Perbumi) Pati ini mengaku sangat berterimakasih kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo karena telah memberikan kepercayaan kepada BUMDes Hasil Makmur sebagai penyedia bansos.

 

Reporter : Fadil

Editor : Adolf Harold

TerPopuler