M Noor Efendi Kembali Nahkodai PWI Pati

M Noor Efendi Kembali Nahkodai PWI Pati

Sabtu, 03 April 2021, April 03, 2021

 

Sekretari PWI Jawa Tengah saat mengukuhkan pengurus PWI Pati baru periode 2021-2024 di Ruang Penjawa Setda Kabupaten Pati

Pati - Konferensi Kabupaten (Konferkab) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pati, kembali memilih M. Noor Efendi, sebagai ketua PWI periode 2021-2024.

Konferkab PWI yang digelar di Ruang Penjawi Setda Pati, Sabtu (3/4/2021). Berhasil memilih M. Noor Efendi secara aklamasi.

Dalam sambutan pertama setelah dipilih, M. Noor Efendi, mengemukakan, bahwa terpilihnya dia sebagai ketua PWI merupakan amanah yang harus ditunaikan dengan baik.

"Ini merupakan amanah bagi saya pribadi. Karena itu, amanah ini akan saya lakukan dengan baik, sehingga dapat menjaga marwah PWI," kata Efendi.

Dalam Konferkab sendiri dihadiri oleh Bupati Pati Haryanto, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin dan jajaran Forkopimda. Hadir juga Sekretaris PWI Jateng Setiawan Hendra Kelana dan Isdianto selaku Wakil Bidang Organisasi PWI Jateng.

Bupati Pati Haryanto sebelum membuka acara mengatakan, pemkab dalam hal ini sangat mengapresiasi adanya konferkab PWI Pati. Sebab, ditengah derasnya arus teknologi dan informasi, wartawan yang tergabung dalam PWI, tetap menyajikan berita sesuai dengan undang-undang pers.

Para wartawan sendiri diharapkan dapat menyajikan informasi yang berimbang. Apalagi, selama ini jalinan kerjasama antara PWI dengan pemkab juga cukup baik.

"Kami menyadari, yang namanya berita pasti ada yang positif ada juga yang kritik membagun. Kami snagat menyadari itu. Yang penting, kerja jurnalistik ini memang harus sesuai dengan kode etik dan UU Pers yang berlaku," terang Haryanto.

Sementara Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Jateng, Isdiyanto Isman menyampaikan, dengan dilantiknya kepengurusan yang baru, dirinya berharap rekan-rekan PWI Pati bisa melaksanakan amanah organisasi dengan baik.

Menurutnya, tantangan PWI beserta anggota ke depan akan semakin besar. Sehingga diperlukan sinergitas dan kolaborasi yang kuat antar anggota PWI, pemerintah setempat dan juga semua mitra jurnalis.

"PWI Jateng dari kepengurusan kemarin hingga kepengurusan sekarang masih mengusung visi untuk meningkatkan profesionalitas dan kemartabatan wartawan. Ini penting untuk dunia jurnalistik agar kemampuan jurnalistik semakin mapan. Tentunya dengan mematuhi kode etik jurnalistik," katanya.

Untuk program kerja yang ada di PWI Pati, dirinya menilai bisa untuk dilanjutkan kembali, terutama untuk penguatan literasi, baik internal maupun eksternal organisasi.

"Apalagi tadi dilaporkan ada oknum yang mengaku wartawan. Jangan sampai di era sekarang ini maaih ada wartawan yang seperti itu berkeliaran," ungkapnya.

Isdianto juga menekankan, wartawan yang benar adalah wartawan yang medianya sudah berbadan hukum dengan bentuk PT. itu pun harus PT yanh bergerak di bidang pers, karena utulah yang termaktub dalam UU Nomer 40 tahun 1999.

"Tugas PWI saat ini adalah bagaimana mendorong media agar berbadan hukum.sesuai dengan UU Nomor 40 Tahun 1999 itu. Dengan begitu, nantinya kami akan lebih enak ketika melakukan pembinaan kepada wartawan, termasuk mengadakan UKW," tutupnya.

TerPopuler