Sudewo, Waduk Kembang Kempis dan Normalisasi Solusi Atasi Banjir

Sudewo, Waduk Kembang Kempis dan Normalisasi Solusi Atasi Banjir

Selasa, 10 Januari 2023, Januari 10, 2023

 

Sudewo, komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia membawa Dirjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan  Perumahan Rakyat (KemenPUPR) serta kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS)  saat menyusuri banjir di Juwana, Selasa (10/01/23)

PATI – Sudewo, komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia membawa Dirjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan  Perumahan Rakyat (KemenPUPR) serta kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) menyusuri banjir di Pati.


Mereka sempat meninjau kondisi Sungai Juwana di jembatan Tanjang, Desa Banjarsari, Kecamatan Gabus dan alur Sungai Juwana di Desa Bendar, Kecamatan Juwana. Langkah itu dilakukan untuk melihat penyebab terjadinya banjir besar yang melanda Kabupaten Pati saat ini.


“Kami sengaja bersama Direktur Sungai dan Pantai Dirjen Sumber Daya Air, Kementerian PUPR dan BBWS untuk melihat apa penyebabnya sehingga bisa tahu akan dirancang menjadi progam di tahun 2023 ini atau 2024 mendatang. Sehingga jangan sampai di Pati terjadi banjir besar seperti sekarang ini,”terang Sudewo.


Dikatakannya memang ada sejumlah persoalan yang perlu diperhatikan. Dimana salah satunya adalah sedimentasi di sungai-sungai. Sehingga diapun mendorong agar upaya normalisasi itu bisa dilakukan.


“Sebenarnya untuk normalisasi sungai Juwana telah dilakukan. Namun untuk yang dari Jembatan Tanjang ke hilir memang belum kami tengah mengupayakan itu,”terangnya.


Selain itu, dia menyebut kini pihak KemenPUPR tengah menyiapkan Bendung Kembang Kempis di Desa Bungasrejo, Kecamatan Jakenan. Sehingga dapat memperbesar kapasitas Sungai Juwana.


“Begitu pula untuk sedimen yang terjadi di sungai kecil. KemenPUPR telah memberi bantuan dengan menurunkan ekskavator jumlah memadai untuk normalisasi sungai dan sudetan,”tambah pria asal Kecamatan Kayen tersebut. (Pth)

TerPopuler